Tips Aman Business Trip Saat Pandemi

Tips Aman Business Trip Saat Pandemi
VenueAdmin | November 3, 2020

Tak semua dapat diselesaikan secara online. Dalam berbisnis, pertemuan tatap muka (offline) tetap diperlukan untuk lobbying, memperluas networking, ataupun melakukan transaksi bisnis berskala akbar. Pada masa normal melakukan pertemuan tatap muka untuk membahas urusan bisnis (business trip) bukan masalah, tapi menjadi akan dilema pada era ‘new normal’.

Berikut tips mengurangi risiko terpapar Covid-19 untuk business travelers ketika melakukan business trip pada masa pandemi Covid-19.

  1. Urgensi Perjalanan

Situasi wabah Covid-19 di suatu kota atau negara sangat dinamis dan dapat berubah dalam hitungan jam sehingga harus pastikan bahwa rencana perjalanan itu memiliki urgensi bagi perusahaan atau organisasi.

  1. Informasi Destinasi

Cari tahu informasi selengkapnya tentang destinasi yang akan dikunjungi, semisal perkembangan wabah dan regulasi lokal terkait penanganan wabah Covid-19.

  1. Tes Usap/Cepat

Dokumen kesehatan bebas Covid-19 merupakan syarat mutlak yang harus dimiliki oleh business travellers. Untuk destinasi dalam negeri, cukup melakukan tes cepat (rapid test). Namun, untuk tujuan destinasi di luar negeri harus melakukan tes usap (swab test).

  1. Asuransi Perjalanan

Pastikan produk asuransi perjalanan tersebut menanggung klaim dari dampak yang ditimbulkan oleh Covid -19, semisal pengobatan atau karantina jika reaktif, hingga pembatalan/penundaan perjalanan karena wabah Covid-19.

  1. Transportasi dan Akomodasi

Gunakan moda transportasi dan akomodasi yang menjalakan protokol kesehatan secara baik dan benar.

  1. Alat Pelindung Diri

Bekali diri dengan masker, disinfektan, dan hand sanitizer.

  1. Waspada di Area Publik

Selalu menjaga jarak ketika berada di area publik seperti bandara dan restoran. Dan jangan lupa rajin menggunakan hand sanitizer usai memegang gagang pintu, ke toilet dan setelah bersin atau batuk.


Related Article
No Related Articles