Berdasarkan data dari IACC (International Association of Conference Center) Meeting Room of the Future tahun 2018, disebutkan bahwa menginvestasikan waktu dan uang dalam mendesain sebuah ruang atau tempat untuk mendukung kenyamanan partisipan dapat mengubah biaya yang dikeluarkan menjadi sebuah investasi strategis yang mampu mengubah perilaku, budaya, dan perusahaan. Dengan kata lain, sebuah ruang pertemuan yang unik dan berbeda dapat menghasilkan output yang maksimal juga.
Berikut ini lima alternatif tempat meeting terbaik yang mewakili ruang meeting di hotel, restoran, outdoor, coworking space, dan standalone venue.
Hutan Kota by Plataran
Dibangun di atas lahan seluas 3,2 hektare yang didominasi pepohonan serta dikelilingi gedung-gedung menjulang, Hutan Kota by Plataran terdiri dari tiga area, yaitu Plataran Tiga Dari, Rumah Kaca Melati, serta Pidari Lounge. Setiap area memiliki desain dan karakteristik tersendiri, dan dapat menampung total hingga 2.000 orang.
Untuk itu, Hutan Kota by Plataran sangat cocok untuk dijadikan tempat berbagai kegiatan bisnis, seperti seminar kecil, acara korporat berskala besar, gala dinner, dan peluncuran produk. Ketiga area yang ditawarkan Hutan Kota by Plataran memiliki nuansa yang berbeda-beda, serta fasilitas yang mampu mengakomodir berbagai acara.
Plataran Tiga Dari memiliki sembilan private room dengan kapasitas hingga 250 orang, Pidari Lounge yang memiliki area rooftop berkapasitas hingga 100 orang, serta Rumah Kaca Melati yang dapat menampung hingga 150 orang di dalam maupun luar ruangan.
Rumah Kaca Melati sangat cocok dijadikan tempat pernikahan. Dengan fasilitas restoran yang lengkap, Hutan Kota by Plataran menyediakan tempat yang tak terlupakan untuk kegiatan pernikahan.
Tak hanya menyediakan makanan prasmanan untuk pernikahan, Plataran juga akan mengurus semua hal teknis dalam penyelenggaraan kegiatan, seperti izin acara. Layanan valet, pintu masuk yang banyak, serta area parkir yang luas membuat para tamu yang berkunjung merasa nyaman.
Dengan konfigurasi unik ini, Hutan Kota by Plataran sangat cocok untuk berbagai kegiatan MICE, selain menjadi tempat yang elegan untuk bersantap.
Westin Jakarta
Meeting dengan pemandangan sekeliling kota Jakarta tentunya memberikan kesan yang sangat berbeda. Hal itulah yang ditawarkan oleh hotel Westin Jakarta yang merupakan hotel serta bangunan tertinggi di Indonesia dengan tinggi 310 meter dan berjumlah 69 lantai.
Westin Jakarta memiliki 9 ruang pertemuan dan 12 breakout room dengan kapasitas terbesar hingga 1.500 orang. Fasilitas ruang pertemuan di Westin Jakarta tersebar di lantai dasar dan lantai satu yang cocok untuk kegiatan berskala besar hingga meeting kecil.
Menariknya, Westin Jakarta juga memiliki ruang pertemuan tertinggi di Indonesia, yakni ruang Wayra di lantai 67 dan ruang Jatun di lantai 69. Dari kedua ruangan tersebut, para peserta meeting bisa menikmati pemandangan panorama kota Jakarta tanpa terhalang oleh gedung-gedung di sekitarnya.
Apalagi, ruang Wayra dilengkapi dengan area indoor dan outdoor rooftop terrace sehingga bisa mengakomodir berbagai macam kegiatan korporat maupun privat. Ruang Wayra memiliki kapasitas hingga 150 orang, dengan akses lift langsung dari lantai dasar.
Segarra Beach Club
Untuk venue outdoor dengan nuansa berbeda dan berkapasitas besar, Anda bisa mencoba menggunakan beach club Segarra Ancol. Berlokasi di pantai Karnaval, Ancol Taman Impian, Segarra menawarkan pemandangan laut dan matahari terbenam yang memukau, serta udara yang menyegarkan karena berada tepat di tepi pantai.
Seluruh element tersebut menyatu dengan baik sehingga Segarra menjadi tempat yang ideal bagi masyarakat yang jenuh dengan rutinitas ibu kota yang sibuk. Dengan atmosfer yang ditawarkan, dilengkapi dengan kuliner yang beragam (barbeque, internasional, dan Indonesia), Segarra menjadi short escape terbaik untuk menikmati suasana pantai bagi masyarakat urban Jakarta.
Dengan area outdoor yang begitu luas, yakni berkapasitas hingga 2.000 orang, Segarra sangat cocok untuk berbagai macam kegiatan, seperti corporate event, pesta, cocktail party, gala dinner, resepsi pernikahan, syuting, dan workshop. Apalagi, Segarra juga dilengkapi dengan fasilitas mumpuni, seperti penyejuk udara di dalam ruangan, area merokok, panggung, mikrofon, proyektor, TV, Wi-Fi, dan area parkir yang sangat luas.
Tak hanya itu, Segarra juga memiliki dua area khusus untuk formal meeting atau gathering dengan kapasitas 300 tempat duduk atau 1.000 orang untuk reception style. Di lantai satu, terdapat ruang VIP dengan pemandangan ke arah pantai dan sudah dilengkapi dengan pendingin ruangan. Sementara di lantai dua, juga ada indoor lounge yang dilengkapi pendingin ruangan dan desain interior yang memukau.
Uptown Serviced Office
Kegiatan meeting kini bisa dilakukan di mana saja tanpa mengenal waktu. Baik itu hanya meeting berdua hingga berpuluh-puluh orang, kini sudah semakin banyak tersedia coworking space di kota-kota besar seperti Jakarta yang bisa disewa oleh siapa pun, bahkan dengan pemberitahuan yang mendadak. Setiap coworking space umumnya bisa disewa hitungan jam, harian, bulanan, hingga tahunan. Harga sewanya pun lebih terjangkau dibandingkan harus menyewa ruang pertemuan di hotel atau restoran.
Salah satu coworking space dengan konsep unik dan memiliki fasilitas lengkap adalah Uptown Serviced Office yang berlokasi di lantai 8 Plaza Mutiara, Mega Kuningan, Jakarta Selatan. Uptown Serviced Office mengusung tema desain ruang interior ala Upper Manhattan, New York, karena kental dengan suasana nyaman, rileks, dan natural.
Dengan luas area sebesar 1.000 meter persegi, Uptown menawarkan private office atau ruang kerja tertutup bagi klien yang ingin memiliki privasi saat bekerja. Lalu, ada juga coworking space bagi para profesional dan freelancer untuk bekerja sendiri menciptakan ide-ide kreatif atau pun sebagai sarana untuk menjalin networking. Selain itu, Uptown juga menghadirkan layanan lain, seperti shared office, capsule office, virtual office, event space, hingga ruang pertemuan.
Uniknya, di Uptown ini para klien diperbolehkan berpindah meja untuk berganti suasana jika merasa jenuh dengan satu spot tertentu saja.
Bali Nusa Dua Convention Center
Banyak tempat yang bisa dipilih untuk mengadakan meeting di Bali. Namun, bagi yang mencari ruang meeting dengan fasilitas lengkap dan di area terintegrasi, Bali Nusa Dua Convention Center (BNDCC) adalah jawabannya.
Keunggulan pertama dari BNDCC adalah lokasinya yang sangat strategis. BNDCC berlokasi di kawasan Nusa Dua, tepatnya di Kawasan Terpadu ITDC NW/1 Nusa Dua, yang merupakan tempat berdirinya hotel dan resor mewah. Selain itu, BNDCC juga hanya berjarak sekitar 20 menit berkendara dari Bandara Internasional Ngurah Rai.
Keunggulan yang kedua adalah dari ukurannya. Secara total, bangunan ini memiliki luas 50.000 meter persegi dengan luas lahan mencapai tujuh hektare. Di dalamnya terdapat tiga bangunan, yakni BNDCC 1, BNDCC 2, serta Bali Nusa Dua Hotel. BNDCC 1 dan 2 bisa menjadi pilihan untuk pelaksanaan venue secara indoor, sementara itu Bali Nusa Dua Hotel disediakan sebagai sarana penunjang akomodasi.
Sementara untuk area outdoor, BNDCC memiliki dua area, yakni Taman Jepun dan Singaraja Terrace. Taman Jepun berlokasi di antara BNDCC 1 dan BNDCC 2, yang cocok untuk dijadikan lokasi gala dinner dengan kapasitas hingga 400 orang. Sementara itu, Singaraja Terrace berada di lantai dua Singaraja Hall, dengan kapasitas hingga 600 orang.
Keunggulan yang ketiga dari BNDCC adalah jumlah ruang meeting-nya. BNDCC memiliki 32 ruang meeting, serta tambahan 11 ruangan yang bisa digunakan untuk coffee break, workshop, konferensi pers, ataupun gala dinner. Karenanya, bagi yang membutuhkan ruang pertemuan berjumlah banyak dan digunakan secara bersamaan, BNDCC adalah satu-satunya jawaban.